
No | Aspek | Kurikulum 1994 | Kurikulum 2004/KBK | Kurikulum KTSP |
1. | Filosofis | Struktur keilmuan yang menghasilkan isi mata pelajaran.”daya serap kurikulum” | Struktur keilmuan dan perkembangan psikologis siswa. Sehingga berdasar pada kompetensi lulusannya | Struktur keilmuan dan perkembangan psikologis siswa dan Standar Kompetensi Lulusan |
2. | Tujuan | Agar siswa menguasai materi yang tercantum dalam GBPP | Semua siswa memiliki kompetensi yang ditetapkan | Semua siswa berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya berdasarkan kompetensi yang ditetapkan. |
3 | Sifat | Bersifat populis, yaitu yang memberlakukan sistem kurikulum untuk semua siswa diseluruh Indonesia. | Cenderung Sentralisme Pendidikan : Kurikulum disusun oleh Tim Pusat secara rinci; Daerah/Sekolah hanya melaksanakan | Cenderung Desentralisme Pendidikan : Kerangka Dasar Kurikulum disusun oleh Tim Pusat; Daerah dan Sekolah dapat mengembangkan lebih lanjut. |
4 | Subtansi materi | Semua materi ditentukan oleh pemerintah | Pemerintan menetapkan kompetensi yang berlaku secara nasional dan daerah/sekolah berhak menetapkan standar yang lebih tinggi sesuai kemampuan daerah/sekolah | Pemerintah menetapkan kompetensi yang berlaku secara nasional dan semua sekolah /satuan pendidikan wajib membuat KTSP. Dimana silabus merupakan bagian tidak terpisahkan dari KTSP dan guru harus membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) |
5 | Cara Pembelajaran | · Ceramah · Guru dipandang sebagai sumber belajar | · Siswa aktif · Mengembangkan berbagai metode pembelajaran · Guru sebagai fasilitator | · Siswa aktif · Mengembangkan berbagai metode dan model pembelajaran · Menggunakan pendekatan multistrategi dan multimedia, sumber belajar dan teknologi yang memadai, dan meman-faatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar. |
{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }
Posting Komentar