WOW | 10 Perbedaan Antara Windows 7 dengan Windows 8

Bookmark and Share

Assalamualaikum wr wb!

Nah kali ini saya akan membahas tentang perbedaan antara Windows 7 dan Windows 8, karena kita sedang menyambut OS terbaru yg dirilis oleh Microsoft yakni Windows 8. dan OS tersebut banyak jadi bahan pembicaraan di Internet, yang pastinya saya juga antusias menyambut kedatangan OS terbaru dari Microsoft tersebut.

Oleh karena itu jika sobat belum tahu apa saja perbedaan antara Windows 7 dan Windows 8 dan apa saja yang baru pada Windows 8, pada postingan kali ini saya akan membahas tentang topik tersebut.

Oke! langsung saja ini dia "10 Perbedaan Antara Windows 7 dengan Windows 8"

1. Tidak ada tombol Start - Metro UI


Apakah sobat pernah berpikiran tidak suka dengan tombol Start? Nah, tombol itu akan hilang secara default pada Windows 8. karena sekarang sudah dirubah dengan tampilan yang dinamai dengan "Metro UI".
Microsoft telah mengatakan akan ada cara untuk kembali ke desktop tradisional kita yang akan kita gunakan, namun secara default sudah diset ke interface Metro UI yang baru. jika sudah bermain-main dengan Windows 8 pada sebuah komputer atau perangkat tablet dan melakukan beberapa tes maka saya akan mengatakan bahwa meskipun saya pikir itu interface yang keren khususnya untuk perangkat Tablet PC,   agak kurang bersemangat menggunakannya dengan Keyboard dan Mouse. dan klik di bagian kiri bawah dan  tidak mendapat start menu yang khas seperti yang dahulu. Memang ini adalah perubahan yang sangat besar bagi saya.

2. Task Manager yang Sederhana 


Tahukah sobat apa yang sebenarnya fungsi dari tab yang ada di Task Manager sampai sekarang? mungkin hanya melihat Program aplikasi dan prosesnya. itu adalah biasanya untuk menghentikan program aplikasi dan program yang sedang di proses. Apa yang sobat lihat adalah Task Manager yang baru! Fungsinya pun hampir sama.
Sobat pun bertanya-tanya bagaimana cara kerjanya?
Nah, sobat cukup klik "More Details". dan sobat akan mendapatkan daftar baik untuk pemecah/pemisah aplikasi maupun Background Processes beserta heat map CPU dan melihat pemakain memori.


Cukup Bagus sebenarnya! itulah salah satu perubahan besar yang juga saya nantikan. ini membuatnya mudah untuk digunakan oleh user.

3. Penyempurnaan terhadap "Copy, Move, Rename dan Delete.

Ya, mungkin ini terdengar sepele, tetapi jika sobat benar-benar berpikir tentang hal ini, coba sobat pikirkan sehari berapa kali mengcopy, cut, delete dan rename, keempat operasi dasar tersebut tetap sama pada versi Windows, namun pada Windows 8, sobat akan mendapatkan jauh lebih baik dari versi Windows sebelumnya.

Pertama, ketika sobat mengcopy sesuatu, terutama ketika sobat melakikan beberapa copy an, semua info yang dikonsolidasi sudah tertera pada kotak dialog, sekarang memiliki tampilan seperti ini:


Apa yang sobat lihat adalah terdapat fitur jeda. Akhirnya, sobat dapat menghentikan sementara proses tengah-tengah pengCopy an! ya, itu memang keren, jika sobat klik "More Details" sobat dapat melihat rincian lebih lanjut dan kecepatan transfer data, serta jumlah data yang tersisa di transfer.


4. Yang Baru Windows Explorer

Sobat mungkin pernah melihat fitur/tampilan dari Office 2007 atau Office 2010 dan sekarang fitur/tampilan tersebut sudah terdapat pada Windows Explorer. Inilah yang baru akan terlihat seperti:


Apa pendapat sobat tentang perubahan ini? suka atau tidak suka, Windows 8 telah melakukan banyak perubahan dengan semua perbedaan utama.

5. Fast Mode Startup

Booting sering kali jadi masalah pada windows dan mereka telah mencoba yang terbaik untuk memperbaikinya dengan kekuatan baru seperti hibernation dan sleep.
Pada dasarnya ini akan menjadi seperti "restart" PC sobat tanpa harus benar-benar merestart.


6. Plug-in Free Browsing


Tidak hanya IE (Internet Explorer) 10 secara signifikan mengubah UI, itu juga akan mengubah cara anda browsing di Internet. IE 10 yang sudah mendukung HTML 5 atas plug-in arsitektur dan benar-benar berjalan secara default tanpa plug-in. Jika sobat perlu menggunakan Adobe Flash untuk mengakses sebuah situs, nama jika sobat menggunakan fitur dari Windows 8 sobat tidak perlu lagi menggunakan Adobe Flash, dan itu merupakan berita buruk bagi Adobe Flash.

7. Reengineered Boot Experience

"Safe Mode". "Mode aman dengan networking", dll. ketika windows booting dengan opsi lanjutan. ini masih terlihat DOS Commond prompt, pada Windows 7. Dengan Windows 8, bahwa semua ada perubahan. pengalaman boot sekarang sangat keren. sobat mendapatkan tampilan layar yang sangat bagus untuk membantu jaringan nirkabel, memilih pengaturan sobat, dll


8. Sign in Menggunakan Windows Live ID

Dengan Windows 8 sobat sekarang dapat masuk ke PC dengan kredensial online sobat di windows Live. Windows 8 bergerak ke awan (membentuk sebuah kotak-kotak yg disusun rapi). dengan integrasi SkyDrive juga tersedia di Windows 8, Sobat bisa sign in menggunakan kredensial Window Live dan memiliki file sobat, dan sobat bisa mengatur aplikasi, dll disimpan di awan/cloud, sobat dapat login di komputer Windows 8 lain dan semua itu akan otomatis mengikuti pengaturan sobat.

Ini akan melacak semua pengaturan sobat di IE, wallpaper desktop sobat, dan banyak lagi, sobat dapat membeli penyimpanan tambahan dan disimpan di SkyDrive dan mengaksesnya secara online atau pada perangkat mobile sobat seperti Android, dan iPad, serta iPhone.

9. Refresh/Reset PC Sobat


Dua fitur keren dari Windows 7 adalah pilihan refresh dan reset, Reset akan menghapus semua data pribadi sobat, seperti aplikasi dan lain-lain. Jika sobat pernah mengalami hal serupa pada Windows XP dan Windows 7, maka sobat akan merasa jengkel dimana untuk mencoba mengembalikan windows tanpa menghapus data pribadi sobat. Nah sekarang sobat tidak perlu lagi mengalami hal serupa, sobat bisa merefresh atau mereset dari layar boot.

10. Skala untuk ukuran Layar yang berbeda

Seiring dengan interface UI baru,  telah ada banyak perbaikan Windows 8 untuk skala resolusi layar yang berbeda, banyak sekali aplikasi untuk dirancang menyesuaikan resolusi layar secara otomatis dengan ukuran layar yang berbeda,


Secara keseluruhan tim dari Windows 8 telah menghabiskan banyak waktu percobaan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan Windows 8 menjadi langkah maju yang besar untuk PC.
Apa pendapat sobat tentang Windows 8? Apakah Sobat Suka atau tidak? Marilah kita cari tahu di koatak Komentar!


Wassalamualaikum wr wb!
Enjoy!
written by Andra

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar