Part 1 : Sisi Android Bidang Fotografi

Bookmark and Share
Andrographer - Android Fotographer
Dari postingan sebelumnya saya katakan bahwa saya ambil tema Android sebagai dasar tulisan saya di blog ini.

Mmm sebenernya juga gak cuma Android sih :p

Oke, Android merupakan suatu kebanggaan buat saya setelah saya lama bergelut di dunia Symbian yang ternyata Android itu lebih open source banget buat saya. Walau HH saya ini termasuk kelas low-end namun saya bangga dan saya maksimalkan semua fitur yang tersedia. Maaf lo untuk para Symbianers. Saya cinta Symbian dan juga Android. Kalau kalimat-kalimat saya ini menyinggung hati kalian saya mohon maaf.

Dilihat dari berbagai aspek, Android memang cocok untuk segala hal. Dari pekerjaan hingga hiburan. (Pekerjaan apa contohnya? Shooting kayak di iklan itu kah?)

Kali ini yang akan saya bahas, Part 1 : Sisi Android Bidang Fotografi
*jadi nanti ber part-part gitu ya :p #Doh #Polos
Dalam dunia fotografi, Android tak kalah hebat dengan kamera-kamera digital maupun DSLR. Sebagai bukti kemarin-kemarin pernah diadain lomba fotografi via handphone Android. Hasil dari jepretan Android juga gak kalah lo sama kamera profesional.

Walau bagaimanapun, namanya juga bukan kamera tulen dalam artian kamera yang bagus itu ya kamera sungguhan akan tetapi gak ada salahnya kita manfaatkan kamera Android. Pernah saya membaca komentar seorang fotografer handal dan profesional disuatu forum kalau katanya kamera ponsel itu 'kamera main-main'. (Saya no comment deh. Threadnya bisa dibaca disini: http://m.detik.com/inet/read/2012/12/08/153701/2113023/1277/kamera-ponsel-itu-kamera-main-main)

Oke, apa sih hebatnya kamera Android? Apa yang membedakan Android dengan jenis ponsel lain? Apakah Android itu spesial?

Menurut saya sebenarnya hampir sama saja seperti kamera ponsel pada umumnya. Hasil jepretannya juga lumayan sih :) bagus malah. Saya memakai Sony Ericsson Xperia X10 Mini yang mana setelah saya telusuri pada kelas low-end hanya ponsel ini ponsel Android harga murah/paling murah dengan kamera 5MP dengan fitur autofokus dan flash led. Saya membelinya dengan harga Rp. 675.000 saja :D berbeda dengan Samsung Galaxy Y, Samsung Galaxy Mini, Samsung Galaxy Pocket, ataupun Sony Ericsson Xperia X8 yang rata-rata memiliki kamera 2MP sampai 3MP saja tanpa autofokus dan flash led.

Kembali ke topik. Bak foto pra-nikah, supaya nantinya indah saat dibingkaikan pastinya harus melalui proses editing dulu. Begitu juga dengan Android. Tidak harus bergantung pada ungkapan 'The Man behind The Gun' karena Gun-nya juga berpengaruh besar terhadap hasil foto. Salah satu kelebihan ponsel Android yaitu terdapat banyak aplikasi pengolah gambar/photo editor yang dapat kita peroleh secara gratis di Play Store seperti PicSay, Lithic, Pixlr 'o Matic, Pixlr Express, Instagram juga termasuk dan masih banyak lagi. Dengan menambahkan sedikit contrast dan sharpness serta beberapa effect seperti lomo atau vignette dijamin foto tersebut jadi berputar 180 derajat bagusnya :)

Akan tetapi gak harus selalu ngandalin aplikasi pihak ketiga juga untuk mendapatkan hasil foto yang baik. Tinggal kitanya saja yang harus banyak belajar.

Ada sebuah komunitas yang ditujukan khusus untuk fotografi handphone dan kebetulan saya juga ikut bergabung. Namanya CoferONE (Community Photography Camera Phone). Berdirinya baru tahun lalu. Namun wuh.. jangan salah. Sudah lebih dari 2500 member yang bergabung di komunitas ini. Prestasinya juga banyak. Sering ikut dalam berbagai event dan memperkenalkan "inilah fotografi handphone". Bahkan komunitas ini juga mendapat apresiasi yang bagus dari masyarakat. Sempat kemarin masuk ke dalam koran terkemuka. #Keren :)

Untuk lebih jelasnya bisa anda search sendiri di Google.


Dan seperti inilah hasil dari karya-karya mereka : (Saya ambilkan langsung dari Group resminya di Facebook)

Device : Sony Ericsson XperiaX8

Device : Sony Ericsson Xperia S

Device : Sony Ericsson XperiaX8

Device : Nokia Asha 303

Device : Iphone 5

Itu tadi salah satu contoh peranan Android dalam fotografi. Dengan berbagai macam jenis kameranya tidak menutup kemungkinan kita bisa menghasilkan foto-foto yang menarik dengan tipe ponsel ini.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar