KONEKIN MODEM SMARTFREN AC682 DI LINUX (UBUNTU, MINT)

Bookmark and Share
Kemarin abis jalan-jalan ke kosannya teman, saya buka laptop dan tampillah ubuntu 11.10 yang saya sudah permak habis. Si teman langsung tertarik juga mau nyobain ubuntu. Singkat cerita saya langsung instalkan ubuntu 11.10 di laptopnya teman (karena saya cuman punya iso Ubuntu 11.10), pas mau di update saya kemudian colokin modemnya (smartfren ac682). Saya Baru ingat nih modem nggak plug and play kayak modem gsm saya. Mau instalkan wvdial dan gnome ppp tapi saya juga lupa bawa modem. Saya coba ketik di terminal ppp kemudian saya tab, hasilnya muncul beberapa pilihan
pppconfig   pppd   pppdump   pppoeconf   pppoe-discovery   pppstats
wah, sepertinya bisa konfigurasi modem dengan pppconfig nih… langsung nyoba konfigurasi dengan pppconfig, tapi ternyata masih belum bisa, coba search lewat hp ternyata harus di eject dan ditambahkan parameter id produk modem smartfren AC682… kemudian di coba lagi, alhamdulillah modemnya dah bisa konek
Berikut konfigurasi yang saya lakukan untuk konekin modem Smartfren AC682 di UBUNTU:
  1. pertama kita setting dulu operatornya di pppconfig, caranya masuk ke terminal dan ketikkan $sudo pppconfig
  2. Anda akan berada di halaman konfigurasi ppp, pilih Create Create a Connection
  3. pilih nama provider untuk konekin smartfren kamu (namanya terserah kamu, yang penting kamu ingat karena nama ini yang akan kamu pakai untuk konek).
  4. Pilih saja DNS Static
  5. masukkan primary name server, isi dengan 8.8.8.8
  6. masukkan secondary name server, isi dengan 8.8.4.4
  7. pilih PAP
  8. masukkan username, disini saya menggunakan username smartfren.
  9. Masukkan password, isi dengan smartfren
  10. Untuk speed nya isikan saja defaultnya 115200
  11. pilih tone
  12. untuk phone number isi dengan #777
  13. pilih yes
  14. hanya ada satu pilihan yaitu manual, jadi langsung tekan enter saja
  15. masukkan modem port anda, isikan saja dengan /dev/ttyUSB0 (perhatikan huruf besar dan kecil).
  16. Anda akan di perlihatkan konfigurasi yang anda lakukan, jika masih ada pengaturan yang ingin diubah, silahkan diubah. Setelah selesai pilih Finished.
  17. Sekarang anda telah berhasil menkonfigurasi pengaturan untuk smartfren anda. Tapi masih belum selesai, masih ada langkah selanjutnya. sekarang klik ok
  18. Anda akan kembali di halaman utama. Pilih Quit
    NB: tutorial ini bisa untuk semua modem, jika anda menggunakan modem lain anda bisa langsung konekin modemnya tanpa mengikuti tutorial dibawah. Tapi anda harus sesuaikan konfigurasi diatas dengan operator yang anda pakai. Kalo mau konek Anda tinggal mengetikkan  di Terminal $sudo pon namaoperator (sesuai dengan nama provider yang kamu masukkan di langkah 3)
  19. Sekarang colokkan modem anda sebelum langkah selanjutnya.
  20. Lakukan eject dari terminal, caranya ketikkan sudo eject /dev/sr1 *jika di notebook anda ada CDROMnya, kalau tidak ada ketikkan sudo eject /dev/sr0
  21. Setelah itu masukkan parameter ID produk Modem Smartfren ZTE AC682 ke kernel. Tetap di terminal ketikkan sudo modprobe usbserial vendor=0x19d2 product=0xffdd
  22. ketikkan sudo pon namaprovider (namaprovider sesuai dengan langkah 3. karena saya menggunakan smartpret pada langkah 3 maka saya masukkan sudo pon smartpret)
  23. sekarang seharusnya anda sudah bisa konek… mari kita coba, masih di terminal ketikkan $ping www.google.comJika tampilannya seperti gambar dibawah berarti anda sudah bisa konek. Tinggal masuk ke browser favorit anda, dan berselancar ria di internet
    NB: kalo masih belum bisa konek, coba cabut dan colokin kembali modem anda dan ulangi langkah 20 sampai 23. Kalo masih belum bisa berarti anda banyak dosa, buruan tobat deh. hehehe, kidding... selamat bereksperimen aja yah!

    Related Search : konek modem smartfreninstal modem smartfren di ubuntuinstal smartfren di linux mintsetting modem smartfren di linux ubuntuplug and play modem smartfren


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar