Cara Melepas Baterai Xperia X10 Mini E10i

Bookmark and Share
Cara Melepas Baterai Xperia X10 Mini E10i - Malam ini kita akan mencoba membongkar si Robyn yang kecil dengan kamera yang lumayan itu.
 
Memang ada apa dengan si Robyn? Robyn, nama lain dari Xperia X10 Mini yaitu sebuah ponsel kecil dengan ukuran layar 2.5" dibekali dengan capasitive touch dan kamera yang paling besar dikelasnya.
 
Lalu kenapa harus kita bongkar? X10 Mini beda dari yang lain. Apalagi dengan saudaranya sendiri, si mimmi atau Xperia X10 Mini Pro. X10 Mini mempunyai baterai yang built in. Terpasang dengan rapih didalam ponsel dan tertutup dengan kesing belakang. Jadi sudah tentu kalau kita ingin melepasnya harus kita buka dalemannya X10 Mini terlebih dahulu.

Resiko pasti ada dan bukan resiko sembarangan tapi jangan takut, kegagalan membuat kita menjadi semakin pintar :D #KataSiapa
 
Sebelumnya sungguh tidak pernah saya bayangkan kalau X10 Mini saya akan mengalami system crash. Bukan bootloop ataupun brick. Tapi system crash. Ponsel masih dalam keadaan menyala tapi error. Kejadiannya tadi waktu saya melihat video tiba-tiba videonya berhenti. Namun anehnya suara tetap berjalan dengan mulus. Akhirnya karena saya tahu kalau itu error, saya tekan tombol back bermaksud untuk keluar. Tapi tidak bisa. Saya tekan tombol home pun juga begitu. Lalu ya sudah saya booting panas menggunakan kombinasi tombol power + tombol home karena ini cara terakhir yang selalu berhasil dan sering saya pakai. Tapi apa yang terjadi? Layar ponsel malah mati. Seluruh tombol tidak berfungsi. Tidak ada vibration sama sekali pada waktu saya tekan tombol power. Saya tancapkan ke laptop tidak mau terbaca. Haduh.. Kalau saja X10 Mini ini bisa dicopot baterainya. Jeng jeng jeng dari situ saya berfikir untuk mencari cara melepas baterai. Beberapa referensi sudah saya peroleh dan sudah saya niati untuk mencobanya. Namun diwaktu yang terakhir saya temukan celah untuk melepas baterai dari mesin (seperti pada gambar diatas). Keren ya? Kenapa saya baru ngerti kalau disitu ada lubang? Ternyata penutup yang menutupi bagian tersebut terbuat dari karet. Astaga. Pada akhirnya saya lepaslah kabel-kabel yang tertancap diport tersebut dan saya pasang kembali. Alhamdulillah X10 Mini saya menyala :D

Berikut langkah langkah Cara Melepas Baterai Xperia X10 Mini E10i. Silahkan disimak gambar-gambar dibawah ini. Sangat mudah untuk dipelajari. Namun ingat! Hati-hati.

Persiapkan Xperia X10 Mini anda

Pertama buka kesing bagian belakangnya

Anda akan melihat bagian belakang X10 Mini anda, baterai tertutup oleh mesin

Lepas SDCard anda sebelum mulai membongkar

Lepas skrup yang mengunci sebuah penutup dibagian atas. Ingat, pakai obeng yang benar yang khusus digunakan untuk handphone/sesuai dengan bentuk skrup

Jadi dibagian atas dari kesing belakang terdapat penutup yang menyelimuti mesin dalam. Seperti pada gambar diatas bentuknya

Lepas kedua skrup yang mengunci kesing belakang

Lepas konektor baterai. Hati-hati

Lepas konektor SIMCard. Hati-hati. Mudah rusak
Anda sudah bisa melepas baterai dari kesing belakang. Seperti itu bentuknya
Bagaimana? Mudah bukan? Silahkan anda ganti dengan yang baru atau ganti dengan yang cadangan bila baterai anda terasa sangat boros pada waktu dipakai sehari-hari.

Tutorial diatas hanya sebuah pembelajaran, baca dengan teliti dan berhati-hati karena sangat beresiko. Kecuali kalau anda seorang tukang servis :)

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

Source : http://www.ifixit.com/Teardown/Sony-Ericsson-Xperia-X10-Mini-E10i-Teardown/3124/1

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar