Memperbaiki MD5 Mismatch Pada Waktu Restore ROM Android

Bookmark and Share
Memperbaiki MD5 Mismatch Pada Waktu Restore ROM Android - Beberapa waktu yang lalu pernah saya menceritakan soal Cara Membackup Stock ROM & Custom ROM Android Melalui CWM Recovery. Yah bukan hal yang sulit lagi memang untuk melakukannya. Tinggal masuk ke Recovery Mode (CWM) setelah itu pilih Nandroid atau langsung masuk ke menu backup & restore selanjutnya klik backup.
 

Namun apa daya terkadang tanpa diketahui penyebabnya pada waktu kita ingin me-restore ROM kita melalu metode yang sama, muncul pesan error yaitu MD5 mismatch!

Apa penyebabnya? Anda tahu? Memang hal seperti ini jarang sekali terjadi terkecuali untuk anda yang gemar bongkar pasang ROM dan suka penasaran terhadap sesuatu.

Baik, pesan error MD5 Mismatch biasanya muncul setelah kita merename / merubah nama folder backupan ROM yang akan kita restore. Percaya atau tidak setelah saya lakukan uji coba dan browsing kesana kemarin memang itu lah penyebabnya.

Biasanya pesan MD5 Mismatch ini hanya muncul bagi orang yang iseng mengganti nama folder backupan di /SDCard/clockworkmod/backup/. Biasanya setelah kita selesai mem-backup sebuah ROM melalui CWM Recovery, pada folder /SDCard/clockworkmod/backup/ akan terbentuk folder baru dengan nama tanggal, bulan, tahun & jam anda melakukan backup.

Mungkin saja alasan anda mengganti nama folder tersebut supaya nanti terkesan rapi dipandang dan mudah dihafal atau untuk membedakan saja supaya tidak lupa atau karena hal unik lainnya :p Tapi ya itu tadi. Tanpa anda sadari "Bahaya mengintai anda".

Memperbaiki MD5 Mismatch Pada Waktu Restore ROM Android

Lalu bagaimana cara memperbaikinya? Simpel sekali. Anda tidak perlu menghapus file Nandroid.MD5 atau apa lah itu semacamnya (kebanyakan tutorial menyarankan hal itu), cukup rename kembali nama folder anda tadi menjadi Satu Kata saja. Bisa angka, ataupun huruf. *Eh kalau huruf belum pernah nyoba sih saya*. Baik, rename menjadi Satu Kata, terdiri dari satu angka atau lebih.

Sudah 3x saya melakukan uji coba mengenai hal tersebut dan dengan merename folder itu saja sudah bisa Fix MD5 Mismatch nya :)

Semoga bermanfaat.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar