Cara Menjaga Android Supaya Tidak Bisa Dicuri

Bookmark and Share
Cara Menjaga Android Supaya Tidak Bisa Dicuri - Pernahkah anda kehilangan sebuah ponsel? Lalu bagaimana kelanjutannya? Apakah ketemu, atau lenyap begitu saja?

Malam ini berbahagialah anda pengguna android karena saya mempunyai tips ampuh supaya ponsel anda terjaga, tidak perlu mencari cara menemukan ponsel anda yang hilang karena saya memiliki sebuah trik supaya ponsel anda tidak akan pernah hilang. Hanya untuk android.
Sebelumnya mohon maaf saat ini saya sedang menjalani Ujian Akhir Sekolah jadi apabila anda yang berkomentar/mengirimi saya message whatsapp, line, wechat saya meresponnya lama harap maklum. Minggu depan insya allah saya sudah bisa kembali lancar blogging. Biarpun dua hari ini visitor mengalami sedikit demi sedikit penurunan saya anggap wajar karena memang saya tidak menyentuh blog ini sama sekali.
Di Google Play banyak tersedia aplikasi yang memberikan fasilitas untuk menjaga supaya android anda tidak mudah hilang bahkan bisa untuk menemukan ponsel android yang sudah hilang seperti Wheres My Droid atau PhoneLocator. Namun saya kurang srek dengan kedua aplikasi tersebut. Saya rasa aplikasi itu masih kurang secure. Pernah saya coba Wheres My Droid, hasilnya nol. Sirene nya tidak mau bersuara. Fiturnya pas-pasan. Dan dikabarkan Wheres My Droid memiliki hak akses untuk membaca dan menggunakan seluruh data si pengguna dengan kata lain aplikasi tersebut bisa mencuri data pribadi sewaktu-waktu. Hayoo..
 
Lalu aplikasi apa yang akan saya pakai?
 
Ya, yang secure dari yang paling secure, Avast! Sebuah software aplikasi anti virus yang pasti anda sudah mengenalnya, anti virus yang hingga saat ini masih menjadi rekomendasi oleh beberapa pakar dan situs-situs ternama. Mengapa saya memilih Avast? Selain kinerjanya yang menurut saya oke dan tidak terlalu memberatkan ponsel saya yang kapasitas RAM nya hanya 182MB, Avast memiliki fitur yang lengkap. Salah satu fitur yang akan saya bicarakan di tutorial kali ini yaitu Avast Anti Theft.

Dengan Avast Anti Theft, anda bisa :
  • Mengunci Telepon. Kunci bukan sembarang kunci. Tidak bisa di bypass. Pada saat dikunci, ponsel seperti mengalami kondisi freeze. Dimatikan menggunakan tombol power pun tidak bisa.
  • Menghapus seluruh data. Data-data apapun yang ada diponsel anda beserta yang ada di SDCard bisa anda hapus hanya dengan menggunakan sebuah pesan singkat 'dua kata'.
  • Membunyikan sirene. Membunyikan sirene dengan sebuah pesan singkat. Sirene tidak bisa diturunkan volume nya. Saya jamin orang yang memegang ponsel anda akan kebingungan. Ditambah lagi apabila ponsel nya X10 Mini karena X10 Mini tidak bisa dilepas baterainya.
  • Mengetahui lokasi penjahat dengan SMS GPS. Jadi anda akan menerima pesan dari ponsel anda yang ada ditangan pelaku yang isinya koordinat posisi ponsel anda.
  • Membaca pesan terakhir yang masuk.
  • DLL
Bagaimana? Menakjubkan bukan? Satu lagi yang perlu anda tahu, semua keunggulan diatas tetap bisa dimanfaatkan sekalipun pelaku mengganti nomor SIMCard nya.

Baik mari kita bahas cara menginstallnya di handphone anda. Namun singkat saja saya memberikan intruksi-intruksinya karena saya pikir tidak perlu ada yang harus dijelaskan karena penginstalannya sangat mudah.
  1. Tahap persiapan, pastikan ponsel anda sudah di root. (Optional) baca Cara Rooting Samsung Galaxy Young S5360 bila itu merupakan tipe ponsel anda. Download & install Avast Mobile Security For Android melalui Google Play.
  2. Setelah Avast terinstall, buka aplikasi tersebut. Nanti akan ada License Agreement. Tekan Agree untuk melanjutkan.
  3. Kemudian akan ada option untuk men-setup Avast Anti Theft. Klik Set Up.
  4. Nyalakan jaringan internet anda, sesudah mengklik Set Up avast akan mengecheck apakah ponsel anda ada akses internetnya, selain itu avast juga akan mengecheck beberapa hal lain seperti data system. Tunggu hingga keluar pesan Tests Succeeded. Lalu klik continue.
  5. Proses selanjutnya installation mode. Centang Root Installation selanjutnya pilih continue.
  6. Pada bagian description tekan saja continue.
  7. Bagian selanjutnya, memilih application name. Terserah mau anda isi nama apa. Pilih random name juga tidak masalah. Misal "Anti Maling". Selanjutnya tekan continue.
  8. Proses berikutnya, downloading file. Tinggal sedikit lagi anda akan berhasil. Tunggu sampai Avast selesai men-download file Anti Maling. Tunggu hingga Download Finished, lalu pilih continue.
  9. Anda akan menginstall Anti Maling seperti pada gambar disamping. Tekan Install untuk melanjutkan.
  10. Selamat Avast Anti Theft sudah tersemat diponsel kamu :) Selanjutnya kita konfigurasi Anti Theft kamu.
Sekarang keluar dari Avast Mobile Security, reboot ponsel anda dan masuk lagi ke Avast anda.

Biasanya avast akan melakukan scanning menyeluruh ke system ponsel karena ini pertama kalinya anda menginstall avast. Biarkan proses ini berjalan hingga selesai. Setelah itu masuk ke menu Anti-Theft seperti pada gambar disamping.

Setup pertama, isi nama kamu dikotak form yang tersedia. Dilanjutkan dengan PIN Avast serta nomor ponsel yang akan anda gunakan untuk merecovery nanti bila terjadi kehilangan ponsel.

Next, menu Anti-Theft terbuka. Ada tiga pilihan, Set up basic settings, Set up advanced settings, dan Help, System State, About.

Set up basic settings, pada umumnya bisa kita lewati karena hanya berisi serangkaian menu yang sudah pernah kita isi pada langkah sebelumnya. Sekarang kita ke Set up advanced settings.

Pada menu ini tersedia beberapa pilihan, pertama Protection behavior, ini yang harus anda edit. Didalamnya anda bisa mensetting Lock phone, Sound sirene, Deny program manager access, Deny phone setting access, dan Low battery notification. Rubah sesuai selera.

Selanjutnya rubah menu-menu lain yang anda butuhkan.

Dan untuk mengaktifkan Anti-Theft ini, yang perlu anda catat yaitu kode-kode dibawah ini :
  1. 1234 LOCK: Lock the device
  2. 1234 LOST: Set the phone to “lost” mode
  3. 1234 FOUND: Unset “lost” mode
  4. 1234 UNLOCK: Unlock the phone
  5. 1234 MESSAGE <message>: The <message> is the message you want to send to whoever has your phone
  6. 1234 SIREN ON: Turn the siren sound on
  7. 1234 SIREN OFF: Turn off the siren sound
  8. 1234 LOCATE: Locates the device
  9. 1234 LOCATE <interval>: Continuously tracks device for <interval> minutes
  10. 1234 LOCATE STOP: Stop tracking
  11. 1234 CALL <phone number>: Use the phone to call a number
  12. 1234 FORWARD SMS <phone number>: Forward all text messages to a new number
  13. 1234 FORWARD SMS STOP: Stop forwarding text messages
  14. 1234 CC SMS <phone number>: CC all SMS messages to a new number
  15. 1234 CC SMS STOP: Stop CC’ing texts
  16. 1234 CC CALLS <phone number>: Forward all incoming calls to a specified phone number
  17. 1234 CC CALLS STOP: Stop forwarding calls
  18. 1234 CC ALL <phone number>: Forward both SMS and phone calls
  19. 1234 CC ALL STOP: Stop forwarding all
  20. 1234 WIPE: Wipe the phone
  21. 1234 GET <number> SMS: The <number> is a numerical value of SMS messages
  22. 1234 GET <number> SENT SMS: Gets the last <number> of send text messages
  23. 1234 GET CONTACTS: Gets the contacts from the address book
*1234 merupakan PASSWORD ANTI-THEFT yang sudah anda settings.
 
Screenshot Anti-Theft pada saat beraksi :
 

 Good luck :)
 

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar